-->

Kunjungan Kementrian LHK RI, Nugroho Indra Windardi : KPA DLH Binjai Sangat Baik

Dibaca:
Kamis, 17 September 2020 / 22.17

Kunjungan Kementrian LHK RI : (Kanan) Nugroho Indra Windardi ST, selaku Kepala Seksi Evaluasi Kinerja Penyusunan Dokumen Amdal Perorangan dan LPJP, bersama (kiri) Kadis Lingkungan Hidup Kota Binjai, dr. T. Amri Fadli M.Kes.


Dyaksa, Binjai - Guna memastikan, telah dan masih sesuainya spesifikasi Komisi Penilaian Amdal Dinas Lingkungan Hidup (KPA DLH) Kota Binjai, Direktorat Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, melakukan pembinaan sekaligus evaluasi kinerja terhadap penatalaksanaan Amdal, UKL-UPL serta penyusunan dan penilaian kualitas Mutu Dokumen Amdal, Kamis (17/9/2020).

Kunjungan kerja tim gabungan yang terdiri dari Kementrian LHK dan staf Subdit Evaluasi Kinerja Sistem Kajian Dampak Lingkungan serta perwakilan DLH Provinsi Sumatera Utara, dipimpin langsung oleh Nugroho Indra Windardi ST, selaku Kepala Seksi Evaluasi Kinerja Penyusunan Dokumen Amdal Perorangan dan LPJP.

Baca juga : Investigasi Bau Busuk Limbah Binjai Supermall

Dalam kunjungan tersebut, Nugroho Windardi bersama tim, melakukan pengecekan secara langsung segala dokumen berkaitan dengan KPA DLH Kota Binjai, selama ini. Langkah ini dilakukan, untuk melihat bagaimana kinerja serta kelayakan dari Komisi Amdal, dalam menjalankan tugas, sesuai dengan aturan yang berlaku.

[cut]

Diskusi : Komisi Penilaian Amdal Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, mendengarkan arahan dan bimbingan dari Kementrian LHK RI.


Selain pengecekan dokumen, Nugroho Windardi beserta tim juga berdiskusi dengan KPA DLH Binjai, terkait pembinaan serta evaluasi di masa yang akan datang. Hal itu guna memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang izin lingkungan, dengan tujuan setiap usaha dapat menjalankan kegiatan usahanya namun tetap menjaga dan tidak merusak  lingkungan sekitarnya.

Usai mengevaluasi kinerja dari KPA DLH Kota Binjai, Dyaksa.id berkesempatan untuk mewawancarai Nugroho Windardi. Dalam keterangannya ia mengatakan, tujuan dari kunjungan kali ini, ialah, untuk memastikan proses dan penilaian dalam pengeluaran izin lingkungan terkait Amdal, sesaui dengan aturan yang berlaku.

Baca juga : Jamin Kesejahteraan Awak Medianya, Dyaksa.id Mendaftar ke BP Jamsostek

"Kami memang dari Kementrian Lingkungan Hidup, melakukan pembinaan dan evaluasi Komisi Penilaian Amdal di Kota Binjai dan Provinsi Sumatera Utara, tujuannya adalah, bagaimana agar proses penilaian Amdal dan penerbitan izin lingkungan termasuk Kualitas Mutu Dokumen Amdal itu, sesuai dengan tata laksana dan dapat dipertanggung-jawabkan," kata Indra.

[cut]

Wawancara : Dyaksa.id mewawancarai perwakilan Kementrian LHK RI didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai.


Selain itu, Nugroho Windadri juga menuturkan, Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kota Binjai, dalam hal penerbitan izin lingkungan dan mutu dokumen Amdal, telah sesuai dengan peraturan Perundang-undangan, dan ia berharap, ke depan, hal tersebut dapat dipertahankan serta ditingkatkan.

"Saya kira Kota Binjai dan juga Provinsi Sumatera Utara, sudah melakukan apa yang diatur di dalam peraturan Perundang-undangan dan sangat baik, sehingga tinggal ditingkatkan saja berkaitan dengan mutu kualitas dokumen Amdal. Jadi ke depan, adalah bagaimana pembinaan yang lebih intensif dan juga upaya peningkatan fasilitas di kota dan provinsi dapat diutamakan, mudah-mudaan lingkungan lebih baik dengan adanya keterlibatan semua pihak termasuk DLH Kota Binjai," tuturnya.

Baca juga : Investigasi Bau Busuk Limbah Binjai Supermall

Di saat berbeda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dr. T. Amri Fadli Fadli M.Kes, ketika ditanya tanggapannya, terkait dengan kunjungan dari Kementrian LHK tersebut mengatakan, pihaknya akan terus berupaya melakukan segala hal yang terbaik terkait dengan pengendalian dampak lingkungan.

"Sebenarnya Komisi Penilaian Amda, kita masih baru, tapi kita terus mencoba melakukan hal yang terbaik terkait lingkungan hidup. Kunjungan ini tentu kita manfaatkan untuk menambah wawasan dan referensi kita untuk lebih biak lagi, serta, evaluasi ini adalah hal yang kita harapkan, agar apa yang kita keluarkan terkait izin lungkungan sesuai dengan aturan dan dapat kita pertanggung-jawabkan," ungkap Amri. (RFS).

Komentar Anda

Terkini