-->

Sssttt... Bayar Air PDAM Tirtasari Sudah Bisa Lewat Online, Begini Caranya!

Dibaca:
Rabu, 14 Oktober 2020 / 06.56
Via online : PDAM Tirtasari Binjai, meluncurkan sistem pembayaran terbaru melalui online.


Dykasa, Binjai - Seakan tak ingin ketinggalan zaman dan terus berbenah untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada seluruh pelanggannya. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai, kini membuat terobosan baru. Terobosan itu ialah, sistem pembayaran tanpa antri dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja alias online.

Sistem pembayaran berbasis digital atau yang biasa disebut dengan istilah Payment Poin Online Bank (PPOB), sudah dapat dilakukan sejak awal bulan September tahun 2020 ini. Tentunya, dengan tata cara yang perlu diketahui atau dipelajari terlebih dahulu, agar para pelanggan maupun calon pelanggan tidak salah dalam melakukan transaksi elektronik tersebut.


Berikut ini, Dyaksa.id, akan mengulas secara detail, bagaimana sistem atau tata cara pembayaran lewat online dan steakholder atau perusahaan mana saja yang telah menjalin kerja sama dengan PDAM Tirtasari Binjai, untuk proses transaksionalnya.
[cut]
Paparkan metode pembayaran : Ir. Taufiq ST, IPM. Asean Eng, ketika diwawancarai awak Dyaksa.id.



Dari hasil wawancara dengan Direktur PDAM Tirtasari Binjai  Ir. Taufiq ST.IPM.Asean Eng, yang saat itu didampingi oleh Kabag Hubungan Langganan (Hublang) Dedi Sjafitri, terkait dengan sistem pembayaran via online ini. Para pelanggan dapat membayar rekening tagihannya, lewat beberapa perusahaan yang sebelumnya telah bekerja sama dengan pihaknya.

"Baik, di sini akan saya jelaskan, perusahaan mana saja yang telah bekerja sama dengan kami, dalam hal sistem pembayaran lewat online. Pertama, para pelanggan dapat membayar rekening airnya melalui PDAM Info yang dapat didownload secara gratis melalui Google Playstore, kedua bisa juga menggunakan www.sepulsa.com yang aksesnya bisa dari browser atau mesin pencarian apa saja di ponsel android dan terkahir melalui Indomaret," ujar Ir. Taufiq.

Berkaitan dengan teknis pembayarannya, Direktur PDAM Tirtasari Binjai, selanjutnya meminta Kabag Hublang, untuk menjelaskan secara mendetail. Dalam penjelasannya, Dedi Sjafitri mengatakan, untuk proses pembayaran melalui PDAM Info, para pelanggan terlebih dahulu membuka Google Playstore dan mencari aplikasi bernama PDAM Info, lalu mendownloadnya.


"Pertama, buka Google Playstore, terus cari aplikasi PDAM Info, jika sudah ketemu langsung diisntal, itu gratis. Setelah berhasil diinstal, para pelanggan nanti akan diminta untuk mengisi beberapa form seperti alamat email, nomor telepon, nama pelanggan dan juga Nomor Pelanggan Air (NPA) si pelanggan, jika semua sudah terisi dengan benar, maka proses bisa langsung pembayaran melalui bank atau virtual acount yang tercantum dalam aplikasi tersebut," jelas Dedi Sjafitri.
[cut]
Laman web : branda atau halaman www.sepulsa.com, jika dibuka menggunakan browser.



Masih Dedi Sjafitri, selain PDAM Info, sistem pembayaran yang kedua melalui www.sepulsa.com caranya, para pelanggan dapat menggunakan seluruh portal pencarian internet atau yang biasa dikenal sebagai browser, lalu mengetik alamat web tersebut untuk proses transaksi tagihan rekening air setiap bulannya.

"Cara yang kedua, pelanggan ketik alamat web www.sepulsa.com menggunakan browser apa saja, lalu memilih produk pembayaran, yaitu rekening air PDAM Tirtasari Binjai, selanjutnya mengisi data pelanggan seperti NPA, alamat email, nomor telepon setelah itu memilih bank atau vitual acount yang akan digunakan dan bayar," terangnya.

Terakhir, menggunakan perusahan wara laba Indomaret di seluruh Indonesia. Dedi Sjafitri menuturkan, metode yang satu ini tergolong sangat mudah. Para pelanggan cukup membawa kertas tagihan rekening yang lama, lalu meminta kepada kasir untuk melakukan proses pembayaran via online.


"Yang terakhir bisa dibilang paling gampang, para pelanggan tinggal datang ke kasir Indomaret, bawa tagihan air yang lama, karena di kertas tersebut ada data pelanggan, dan langsung minta dibantu untuk pembayaran tagihan rekening airnya dan selesai," tutur Kabag Hublang.
[cut]
Via online : PDAM Tirtasari Binjai, meluncurkan sistem pembayaran terbaru melalui online.



Kembali pada Ir. Taufiq, ia mengungkapkan, pembaharuan sistem atau tata cara penagihan rekening air di PDAM Tirtasari Binjai ini, adalah untuk mempermudah dan mempersingkat waktu para pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran.

"Terobosan baru kita ini, bertujuan untuk memudahkan para pelanggan kita untuk melakukan pembayaran rekening tagihan airnya. Pertama, jika dilakukan via online, mereka tidak lagi perlu menunggu antrian, kedua bisa dilakukan kapanpun dimanapun bahkan jika sedang berada di luar kota dan yang paling penting juga, saat ini kan sedang pandemi Covid-19, artinya jika membayar secara online, kan bisa mengurangi resiko terpapar virus Corona, jadi banyak manfaatnya," ungkap Direktur PDAM Tirtasari Binjai.


Setelah membaca dan mengetahui sistem pembayaran yang baru di PDAM Tirtasari Binjai, para pelanggan sekarang dapat langsung mencobanya menggunakan smartphone masing-masing. Namun, jika ada informasi yang masih kurang jelas, dapat menanyakan secara langsung kepada pihak PDAM Tirtasari Binjai yang beralamat di Jalan Mangonsidi  Kecamatan Binjai Kota, Binjai atau tepatnya di depan SMAN 1 Binjai. (RFS).

Komentar Anda

Terkini